Thursday 9 April 2009

Roti Empuk NCC





puas de dengan hasil roti kali ini..empuk tenan, seratnya alus, dan legitnya dapet.
muantab....apalagi kalo dimakan panas panas....(apa enak karena lidahnya kebakar kepanasan ya? heheheh...enggak kok. ini roti emang enak de)
aku bikin 250 gr terigu alias 1/2 resep.
trus aku adonnya pake promix. cepet de kalisnya...mungkin aernya kebanyakan, jadinya sempet nambah terigu beberapa sendok..
trus karena takut over fermented, jadinya aku bikin roti sobek aja. biar mefet-mefet gpp de...malah lucu liatnya.
trus aku juga pake tepung komachi tu..iya mmg enak ya...
oh ya, aku pake resep soft readnya NCC
ini aku copas juga ya....

Soft Bread NCC
Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi (aku pake komachi)
100 gr gula (aku kurangi menjadi 75 gr sajah)
100 gr mentega
11 gr ragi instant (aku pake fermipan)
½ sdt bread improver (aku merk bake bonus)
4 btr kuning telor
300 ml air es
½ sdt garam

Cara membuat:
Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Adonan siap dibentuk-bentuk.
Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang.

Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalai adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit.