Monday 15 February 2010

rania's 3rd bday cake




ini kue yang dibuat untuk ponakan tersayang, rania. usianya beda sebulan sama izan (dia 4 februari, izan 7 maret). iseng lagi nyari project buttercream, jadi deal bikinin rania kue dengan decor buttercream. cakenya, lapis mandarin (soalnya cuma 2 lapis..irit.com...ini ngasih tapi pake irit-irit ya....heheheh).
cakenya dari basic lapsurnya BBC, tapi dibuat di loyang bundar 22 (resep asli kotak 22x22x4). berhubung bundar, jadinya harusnya lebih tinggi.
tapi karena bikinnya ga sabaran, coklat sama vanila cakenya mauya barengan, padahal keahlian belum sampe situ...jadinya tu kue padat de. ga bantet si, soalnya ga ada lapisan mentega yang mengendap (itu ciri kl kue bantet kan ya??? nanya sekalian).
belajar bikin hollmand softcream buat buttecreamnya. semuanya dibikin sesuai dengan resep hollman,ngocoknya juga 30 menit totalnya di mixer gede. tapi hasilnya teteup ga sebanding dengan whipped cream..hehehehe...masalah lidah ga bisa bohong ini.
dan ternyata yang laen juga lebih doyanwhipped cream or ganache.
memang dekor dengan buttercream enak banget, karena sifatnya yg jauh lebih kokoh di suhu ruang...ah, dengan segala kekurangan dan less ability yg dipunya, butrtercream juga ke senggal senggol dimana...
ditungguin jadinya tu doraemon berjam-jam sama yg punya kue, kakak-kakaknya, serta izan. pas udah jadi, ancur dalam 10 menit pertama karena tangan izan langsung meraup tu doraemon....huehehehehe...jadilah anak-anak itu penuh dengan buttercream...
tapi kesimpulannya, ga berniat bikin buttercream lagi kalo buat dimakan sendiri...
tapi bisa aja kl ada request orderan (yah, dengan kemampuan yang pas-pasan pastinya).